Pernyataan Yellen Pengaruhi Turunya Harga Emas

Pernyataan Yellen Pengaruhi Turunya Harga Emas

Harga EmasHarga Emas berjangka pada divisi COMEX New York Mercantile Exchange kembali mengalami penurunan pada hari Rabu serta Kamis pagi ini. Hal tersebut disebabkan oleh Ketua Federal Reserve Amerika Serikat Janet Yellen, yang telah meredakan kekhawatiran para investor terkait waktu kenaikan suku bungan berikutnya.

Menurut data yang ada, untuk kontrak emas yang paling aktif pengiriman bulan April yang akan datang terhitung kehilangan 0,33 persen atau setara dengan USD 4. Jumlah tersebut membuat kini menjadi menetap diangka USD 1.194,60 per ounce.

Logam mulia kini sedang berada dibawah tekanan sebagai akhibat dari pernyataan Ketua Fed Janet Yellen yang menerangkan jika ketidakstabilan ekonomi global yang kini sedang terjadi dapat mencegah Amerika Serikat mengalami penyimpangan dari jalur pertumbuhan kuatnya. Namun, dengan mencatat adanya kenaikan lapangan perkerjaan serta upah yang kuat tentu menujukjan tanda-tanda yang baik bagi perekonomian Amerika Serikat.

Ia memberikan isyarat jika keniakan suku bunga Federal Reserve tersebut akan terus diberlakukan secara bertahap dari yang sudah diperkirakan sebelumnya. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi ketakutan para investor serta mendorong mereka menjauh dari logam mulia yang dianggap sebagai aset Safe Haven.
Sedangkan menurut data yang ada pada analis, bahwa biasanya penundaan dalam kenaikan suku bunga The Fed akan berdampak mendukung emas. Namun, dikarenakan ketidakpastian yang ada tersebut justru malah menempatkan tekanan pada logam mulia sebab dilihat sebagai lengkah yang positif untuk keberlangsungan pasar ekuitas Amerika Serikat.

Sebelum kesaksian yang ada di Kongres, bank sentral mengutarakan isyarat jika masih mungkin untuk bisa meningkatkan suku pada bulan Maret mendatang. Namun, kini Yellen bersaksi kepada Kongres jika kenaikan tersebut akan dilakukan secara bertahap. Berdasarkan pernyataan Yellen tersebut, banyak analis yang percaya jika kenaikan suku bungan berikutnya akan terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, kemudian hingga di penghujung tahun ini.

Pernyataan Yellen Pengaruhi Turunya Harga Emas

Akan tetapi, pelemahan yang kin terjadi pada dollar Amerika Serikat setidaknya mencegah logam mulia terjun bebas ke angka yang lebih rendah. Hal tersebut dikarenakan indeks dollar Amerika Serikat yang kini sedang mengalami penurunan hingga 0,07 persen menjadi 95,99 yang terjadi pada pukul 19.15 GMT.

Indeks tersebut sendiri adalah merupakan ukuran dari dollar terhadap sejumlah mata uang utama yang ada. Seperti yang diketahui jika arus Harga Emas serta dollar memang bergerak ke arah yang berlawanan. Hal tersebut berarti, jika dollar mengalami kenaikan maka Harga Emas akan mengalami penurunan. Serta sebaliknya, jika dollar anjlok secara otomatis Harga Emas pun akan melonjak. Hal tersebut disebabkan kerena emas yang diukur dengan dollar menjadi lebih mahal untuk para investor.

Sementara itu, untuk Harga Emas Antam sendiri kebarnya masih tidak berubah dari harga yang dibenderol pada Rabu 10 Februari 2016 kemarin. Harga Emas antam pada Kamis pagi (11/02) masih stagnan di angka Rp 562.000 per gramnya. Sementara untuk harga beli atau buyback yang diterapkanya juga masih sama, yakni di angka Rp 510.000 per gram.


Harga Emas Antam tersebut seperti diketahui menurun pada hari Rabu (10/02) kemarin sebesar Rp 2.000 rupiah per gramnya. Harga Emas antam yang sempat mencapai angka Rp 564.000 per gramharus turun ke angka Rp 562.000 per gram. Hingga Kamis (11/02) pagi pun Harga Emas tersbut terbukti masih stagnan.
Title : Pernyataan Yellen Pengaruhi Turunya Harga Emas
Description : Harga Emas – Harga Emas berjangka pada divisi COMEX New York Mercantile Exchange kembali mengalami penurunan pada hari Rabu serta K...

0 Response to "Pernyataan Yellen Pengaruhi Turunya Harga Emas"

Posting Komentar